Tips Merapikan Text Excel dari Satu Kolom Menjadi Beberapa Kolom

Dalam Dasboard wordpressku ada tools yang namanya umpan balik, ini adalah pesan dari pengunjung blog yang disampaikan secara privat kepada pemilik blog. Saya coba menguliknya karena ingin memahami beberapa tools yang ada di dasboard. Saya coba datang ke halaman contact dan menuliskan sesuau disana, pesan itu langsung muncul dalam unpan balik.

Ada layanan ekspor unpan balik dalam bentuk file excel, saya kurang mengerti mengapa ada layanan ini. Mungkin blogku punya hanya sedikit pengujung, jadi saya tidak begitu membutuhkan layanan ini. Tapi mungkin suatu saat hal ini yang saya butuhkan. Mendapat pesan privat yang banyak dan saya memerlukan backup dengan mengekspor dalam bentul excel.

Setelah saya mengunduh file contact (umpan balik) ini, ternyata hasilnya hanya ada satu kolom. Sulit untuk membacanya jika bukan pada kolomnya. Seperti ini penampakannya;

Gambar Unduhan Form Umpan Balik

Terkadang saya juga menjumpai masalah ini waktu unduh mutasi bank. Tapi teks diatas cukup rapi karena polanya setiap mereka dipisahkan oleh koma. Untuk memisahkan teks ini menjadi beberapa kolom adalah dengan;

  1. Blok kolom yang ada teksnya, lalu klik menu data;
Gambar Unduhan Umpan Balin pada WordPress
  1. Pilih Text to Columns, cek Delimited, dan klik next;
Gambar Contoh memilih text to columns
  1. Lalu ceklist Comma dan klik next, dan klik Finish;
Gambar Ceklist Comma
  1. Jangan lupa rapikan kolom sesuai besarnya baris;
Gambar Hasil Akhir Text to Columns

Terlihat rapi karena sesuai kolomnya bukan. Semoga bermanfaat bagi semua, karena tips ini tidak hanya untuk merapikan unduhan umpan balik yang kurang rapi, tapi apapun yang mempunyai karakter hapir sama bisa diselesaikan seperti ini, seperti unduhan mutasi bank atau hal yang lain.

Baca Juga :   Pengalaman Membuat Tabel di Wordpress

Tinggalkan komentar