Mengatasi Stres Kerja Karena Volume Pekerjaan Naik

Pengantar

Setiap manusia mempunyai aktivitasnya masing-masing. Entah dia sebagai seorang pengusaha, karyawan, pendidik, penuntut ilmu, bahkan menjadi bagian dari anggota keluarga, mereka mempunyai aktivitas masing-masing yang harus diselesaikan. Penyelesaian aktivitas biasanya mempunyai hambatan, bahkan yang menjadi rutinitas pun, terkadang mempunyai hambatan yang sama untuk diselesaikan juga.

Hambatan-hambatan itu terkadang mempengaruhi stres seseorang. Salah satu hambatan seseorang itu sebagai pekerja adalah Volume Pekerjaan yang Naik. Volume pekerjaan yang naik ini dianggap sebagai hambatan karena dapat mengacaukan ritme kerja, yaitu penyelesaian aktivitas rutin, dihalangi oleh aktivitas tambahan atau bisa juga memiliki beberapa kali lipat aktifitas yang biasanya.

Gambar Statistik Volume Pekerjaan

Sebab Volume Pekerjaan Naik

Volume pekerjaan naik bisa di sebabkan oleh beberapa hal. yaitu;

  1. Keteledoran dalam mengerjakan pekerjaan. Pun perbuatan ini bisa juga masuk dalam hal kesengajaan, pengambilan prioritas yang kurang tepat misalnya, atau bahkan menunda pekerjaan. Perbuatan yang tidak disengaja misalnya dalam mengerjakan sesuatu dia mengalami kantuk atau sakit. Akibatnya ritme pekerjaan menjadi molor dan menggeser rutinitas yang sudah biasanya.
  2. Melakuan kesalah dalam bekerja. Kesalahan tentu harus diganti dengan sebaik-baiknya dengan hal yang benar sebagai bentuk tanggung jawab. Pengganti ini bisa menyebabkan pekerjaan bertambah,
  3. Adanya Indent atau PR kerja.
  4. Tugas mendadak.

Bentuk Mengatasi Stres Karena Volume Pekerjaan Naik

Secara umum hal ini terkait pengendalian diri. Keyakinan bahwa masalah bisa diselesaikan dan bisa dikomunikasikan dengan rekan kerja atau bahkan atasan harus tetap ada. Menguatkan spiritualitas diri dengan berdoa dan amalan yang baik untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Seseorang yang yakin dirinya dekat dengan Tuhan Yang Maha Kuat, akan menjadi seseorang yang kuat juga, keyakinan ini hanya bisa tumbuh karena ucapan dan aktivitas yang dibenarkan. Aktivitas yang benar terkadang bukan hanya tidak melakukan kesalahan, tetapi ketika melakukan kesalahan ada kesadaran untuk memperbaikinya.

Baca Juga :   Manfaat Google Calendar dalam Kegiatan Kerja

Secara teknis mengatasi stres ini bisa dilakukan dengan cara;

  1. Mengambil napas panjang dan mengeluarkannya beberapa kali sampai tenang,
  2. Menata Hal-hal yang harus dia kerjakan terlebih dahulu,
  3. Menjaga harmonisasi komunikasi dengan rekan dan atasan, hal ini untuk menumbuhkan efek saling “toleransi”,
  4. Bekerja dengan konsentrasi dan sepenuh hati.

Hal-hal teknis ini bisa diimprovisasikan oleh setiap pekerja, karena manusia pada dasarnya adalah makhlik yang paling pandai dalam beradaptasi.

Kesimpulan

Sebab-sebab Volume pekerjaan naik antara lain keteledoran , melakukan kesalahan kerja, adanya tugas tambahan terkadang membuat seseorang menumbuhkan indikasi stres. Tidak dapat dipungkiri Keyakinan akan kedekatan diri dengan Tuhan bisa mengatasi stres dengan sebab apapun. Hal-hal teknis yang perlu juga untuk mengatasi stress adalah ketenangan diri, melakukan kegiatan menata pikiran dan hal-hal yang lebih penting terlebih dahulu (skala prioritas), menumbukan rasa toleransi, serta bekerja sepenuh hati.

Tinggalkan komentar