Macam-Macam Data Dan Cara Pengumpulan Data

Macam-Macam Data Dan Cara Pengumpulan Data
Macam-Macam Data Dan Cara Pengumpulan Data

Macam-macam data adalah kumpulan data yang akan kita bagi atas beberapa kategori tertentu, seperti berdasarkan sumber data, ataupun jenis data. Sedangkan cara pengumpulan data merupakan proses upaya mendapatkan data itu sendiri.

Pengantar

Dalam Artikel sebelumnya saya menuliskan tentang mengubah data menjadi informasi. Adalah seorang manager yang meminta karyawannya untuk mengumpulkan data, yang akan manager oleh menjadi suatu informasi untuk menuju suatu keputusan.

Artikel ini akan mengambil sebagian contoh dari artikel sebelumnya. Agar lebih nyambung maka, kami menghimbau untuk juga membaca artikel tersebut.

OK kita lanjutkan ya, untuk belajar lebih dalam lagi terkait dengan Apa Macam-macam data itu, dan bagaimana cara mengumpulkannya?

Macam-Macam Data Berdasarkan Sumbernya

Dalam proses pengumplan data, orang atau badan membutuhkan sumber yang tepat dan akurat. Mereka dapat memilah data itu, agar selain memahami lebih mudah, juga untuk perhitungan pengambilan keputusan atau kesimpulan.

a. Data Intern

Data ini merupakan pengkategorian data dari sumber yang orang atau badan kumpulkan. Dapat kita artikan dengan data yang seseorang atau badan peroleh dari kegiatan organisasi mereka sendiri. Sang manajer meminta bawahannya untuk mengumpulkan data terkait persediaan produk, jadual produksi, jumlah produk rusak, dan lain-lain terkait dengan kegiatan perusaan mereka. Data inilah yang di sebut data intern.

b. Data Ekstern

Sedangkan data terkait keluhan pelanggan adalah data ekstern. Artinya data ekstern dapat kita katakan dengan data yang kita peroleh dari luar organisasi.

c. Data Primer

Hal ini juga masuk dalam kategori dalam sumber pengumpulan data. Data primer adalah data yang orang atau badan peroleh secara langsung, melalui wawancara atau survei secara langsung.

d. Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang orang atau badan peroleh dari pihak lain, seperti Badan Pusat Statistik atau lembaga survei lainnya.

Baca Juga :   Mengubah Data Menjadi Informasi (Review Buku The Manager)

Macam-Macam Data Berdasarkan Jenisnya

Mengetahui data berdasarkan jenisnya dapat memberitahukan kepada orang atau badan “latar belakang” objek penelitian yang sedang diteliti. Adapun macamnya adalah sebagi berikut;

a. Macam-Macam data (Data Kuantitatif)

Data ini masuk dalam kategori berdasarkan jenisnya. Pengertiannya adalah data yang menyatakan jumlah atau angka, seperti pendapatan konsumen, jumlah konsumen. Orang atau badan dapat membagi data kuantitatif lagi menjadi dua, yaitu;

  • Data Diskrit
    Data diskrit adalah data yang ada karena hasil menghitung, menjumlah. Seperti jumlah barang di gudang, jumlah anak
  • Data Kontinyu
    Data kontinyu adalah data yang ada karena hasil mengukur. Contoh berat barang, umur konsumen dan lain-lain.

b. Data Kualitatif

Sedangkan data kualitatif adalah data naratif non angka yang menyatakan sifat, golongan, kualitas data tersebut. Misalnya adalah keterlambatan pengiriman barang dikarenakan lambatnya proses produksi dan distribusi barang ke setiap cabang. Kualitas kalimat buku a lebih baik daripada kualitas kalimat buku b.

Cara Pengumpulan Data

Orang atau badan dapat mengumpulkan data dengan beberapa cara, antara lain; (Sumber : Kumparan)

a. Melakukan Pengamatan

Melakukan pengamatan secara langsung kapada objek yang diteliti. Biasanya berupa pengamatan langsung di lapangan dan hasil nya berupa dokumentasi rekaman video, ataupun catatan. Contoh perusahaan mengamati proses penjualan dalam suatu event dengan mendokumentasikan acara tersebut dalam bentuk video.

b. Angket

Pengumpulan data dengan cara memberikan sejumlah pertanyaan kepada responden atau konsumen. Biasanya cara ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pelanggan atau optimisme pasar.

c. Wawancara

Wawancara adalah kegiatan melakukan pertanyaan langsung kepada nara sumber atau informan yang lebih ahli atau yang lebih tahu.

d. Studi Pustaka

cara memperoleh data ini adalah dengan melakukan pengumpulan karya ilmiah, buku, atau sumber kredibel, sesuai tema data yang sedang kita kumpulkan.

Referensi Macam-Macam Data Dan Cara Pengumpulan Data

1. Wahyudi, Setyo Tri. 2017. Statistika Ekonomi (Konsep, Teori, dan Penerapan). Malang: UB Press.
2. Update Berita. Kumparan. Teknik Pengumpulan Data dan Jenis-Jenisnya untuk Penelitian."https://kumparan.com/berita-update/teknik-pengumpulan-data-dan-jenis-jenisnya-untuk-penelitian-1usMO2uuF4O/full". Diakses 26 september 2021.
3. Gambar Ilustrasi dari Canva Buondian Tok (bondan.my.id)

2 pemikiran pada “Macam-Macam Data Dan Cara Pengumpulan Data”

  1. Jadi inget masa kuliah mas, pas belajar stastistik :D. Biar ribet, tapi statistik itu subject favoritku. Apalagi dulu lecturer nya pinter jelasin dengan cara yang ga membosankan.

    Walopun jujur aja, aku udah banyak lupa sih ttg detil2nya hahahaha

    Balas
    • Njih ini masuk dalam statistik Kak tapi diperlukan di semua bidang. Heheh tapi ini yang saya tulis duasar Banget Kak. Untuk melengkapi tulisan sebelumnya.

      Klo Dosen nya 3nak dalam menjelaskan pasti mata kuliah jadi dambaan Mahasiswa.

      Balas

Tinggalkan komentar