Hambatan dalam Bekerja November 2021

hambatan dalam bekerja
hambatan dalam bekerja

Hambatan dalam bekerja selalu ada dalam dunia kerja. Para pekerja harus bisa mengantisipasi jika hambatan itu muncul. Jika tidak, maka akan menambah yang harus para pekerja kerjakan. n_n

Terkait dengan pekerjaan, saya pernah menulis juga di blog saya yang lain. Judulnya Menata Ritme Kerja, mungkin ada kaitannya dengan hambatan dalam bekerja. Karena hambatan sangat menggangu ritme kerja kita.

Cerita tentang Hambatan dalam Bekerja

Pekan ketiga bulan November 2021 ini sebenarnya volume pekerjaan berjalan normal. Akan tetapi, pada hari rabu tanggal 17 November 2021 ada pemadaman listrik dari jam setengah sepuluh pagi sampai jam empat sore.

Pasti bagi para pekerja yang menggunakan perlatan komputer akan menjadi masalah. Mungkin laptop akan membantu untuk 3 jam kedepan, setelah itu pasti bermasalah dengan batarainya. Dan jika pekerjaannya terkait dengan server, pasti juga akan mangkrak, karena tidak bisa tersambung dengan data base server.

Jam setengah sepuluh pagi sampai jam empat sore adalah waktu yang panjang, jika tidak yang bisa dilakukan oleh para pekerja maka akan menghabiskan waktu enam jam sama dengan kurng lebih 75 % jam kerja aktif yang terbuang.

Pada hari Jum’at 19 November 2021, jam satu siang usai istirahat sampai lebih dari jam aktif kerja selesai, juga ada permasalahan yang mirip. Yaitu masalah server pusat yang mengalami kerusakan optik atau apalah itu, saya kurang paham. Membuat aplikasi kerja yang kami gunakan tidak bisa kami operasikan. Peristiwa ini menjadikan kami tidak bisa memasukkan data pada data base.

Pekerjaan ini akan tertunda sampai hari senin. Walaupun pada hari Sabtu dan Minggu adalah hari libur, tapi setoran data seperti data pemesanan atau bukti transfer akan tetap masuk, dan akan menjadikan pekerjaan menumpuk di hari Senin.

Baca Juga :   Menumbuhkan Kesadaran untuk Mengembangkan Diri

Baca Juga Langkah Sederhana Mengurangi Kesalahan Kerja

Mengurai Hambatan dalam Bekerja

Hari Rabu, pada awal waktu pemadaman listrik kami sudah menghubungi PLN setempat, dan meminta informasi waktu selesainya pemadaman. Informasi itu kami butuhkan untuk mempersiapkan pekerjaan yang sedang kami lakukan. informasi yang kami peroleh dari PLN adalah jam 2 sore. Mungkin cukup untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan kami. Tapi informasi itu ternyata kurang akurat, kami hanya bisa menunggu dan mengerjakan beberapa pekerjaan dengan android.

Sebenarnya ada hal yang bisa saya kerjakan ketika ada masalah pada server. Pekerjaan manual yang hanya berhubungan dengan excel, tapi waktu itu tinggal eksekusi memsukkan data pada database. Tapi tidak mengapa karena bisa kami kejar di hari senin karena volumenya tidak terlalu banyak, yang harus kami antisipasi adalah kegiatan di hari senin, pasti pekerjaan akan sangat padat.

Alternatif Solusi

Mengadakan peralatan kantor berupa genset adalah alternatif solusi jika ada pemadaman listrik, pekerjaan tidak akan terkendala. Tapi listrik yang dihasilkan oleh genset harus memadai, karena bila tidak memadai, akan menjadi kelemahan yang lain.

Kelemahan selanjutnya adalah pada biaya pembelian genset yang besar, karena spesifikasi yang kami butuhkan juga tinggi, biaya tambahan seperti BBm juga menjadi kelemahan, tapi biaya BBM tidak menjadi masalah karena pemadaman sangat jarang.

Mengenai permasalahan server saya kurang paham. Mempersiapkan data yang kita masukkan kedalam database adalah cara satu-satunya. Mungkin bila keinginan saya ini benar yaitu server lokal yang bisa sementar untuk menyimpan data yang kita masukkan ketika server pusat terkendala. Tapi entahlah, permasalahan server hanya diketahui oleh keahlian tertentu.

Sebagai pekerja harus menyiapkan diri untuk untuk hambatan yang mereka hadapi. Mereka bisa menunggu atau mengerjakan pekerjaan lain yang berhubungan dengan yang mereka hadapi.

2 pemikiran pada “Hambatan dalam Bekerja November 2021”

Tinggalkan komentar