Rencana Kerja Tahun 2022

Rencana kerja adalah komitmen yang ingin saya bangun untuk memaksimalkan potensi dalam menyelesaikan pekerjaan. Bukan hanya sebagai karyawan, tapi juga sebagai blogger khususnya untuk kebutuhan di tahun 2022.

Ide Awal Membuat Rencana Kerja

Bulan November 2021 ada banyak acara kantor yang melakukan rapat kerja untuk tahun 2022, yang bertujuan untuk menentukan target dan menentukan misi mencapai target penjualan tertentu oleh para leader. Saya berpikir, hal di atas adalah sesuatu yang baik untuk saya terapkan dalam kegiatan kerja saya sebagai seorang karyawan maupun sebagai blogger. Jadi agak canggung menyebut diri sendiri sebagai blogger, bagaimana lagi saya memang punya blog sendiri. n_n

Ada juga kebiasaan para kreator konten khususnya para blogger, yang menjadi ide saya dalam awal pembuatan rancangan kerja tahun 2022. Yaitu yang selalu membuat resolusi untuk tahun yang akan datang. Resolusi-resolusi yang mereka buat biasanya terkait tentang konten, atau bahkan pencapaian-pencapaian pribadi yang bertujuan positif.

Baru di tahun ini saya membuat resolusi untuk tahun yang akan datang. Walaupun namanya sedikit aneh, Rencana Kerja. wkwkkw Kaku sekali.

Materi Untuk Pembuatan Rencana Kerja

Pasti ada banyak pijakan dalam membuat rencana kerja. Ada beberapa materi yang saya ambil untuk menjadi pijakan dalam membuat rencana kerja. Pastinya materi itu harus mendekati relevan dengan kegiatan saya.

Menentukan Tujuan (Target)

Nasihat dari seorang yang beragama, kalau segala sesuatu itu kita lakukan untuk beribadah. Artinya ada tujuan utama yaitu meningkatnya religiusitas pribadi dalam hal bekerja.

Meningkatnya religiusitas dalam bekerja dapat kita gambarkan ketenangan, ketangkasan, serta Tanggung jawab yang kita miliki dalam memegang amanah.

Ada beberapa hal hal yang harus saya lakukan dalam penyusunan rencana kerja. Maka dari itu saya membaginya menjadi dua.

Pertama sebagai seorang karyawan. Saya harus menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Meminimalisir atau bahkan menghilangkan kesalahan kerja dengan waktu yang tepat bahkan singkat.([curhat sedikit] hem sepertinya formulanya agak sulit, mungkin perlu latihan)

Kedua sebagai blogger. Memperbanyak artikel menjadi konsentrasi saya di tahun depan. Dan harapan saya, artikel yang saya hasilkan mempunyai kualitas yang tinggi.

Menganalisis Pola Kerja Tahun 2021

Untuk mendapatkan materi yang bagus dalam rencana kerja tahun 2022, saya membutuhkan informasi pola kerja di tahun 2021. Tujuannya, agar bisa mengetahui hal-hal yang perlu saya optimalkan, dan memperbaiki pola kerja yang telah saya lakukan.

Menentukan Prioritas

Menentukan prioritas bisa kita lakukan dengan mencatat atau mengumpulkan semua jenis pekerjaan yang kita lakukan.

Mungkin mudah jika pengumpulan semua jenis pekerjaan berkaitan dengan apa yang sedang berjalan di kantor, karena gambaran pekerjaan sebagai karyawan sudah jelas. Tapi sebagai blogger, saya masih berpikir setiap jenis kegiatan yang saya lakukan bisa menjadikannya konten dalam blog.

Jika blog yang tertulis adalah blog gado-gado, mungkin saya akan berfokus pada kategori yang sudah ada pada Bondan Blog. Setelah berfokus pada kategori, menulis berbagai judul atau tema keliatan akan menarik.

Setelah mengumpulkan berbagai jenis pekerjaan atau Mencatat semua tema/judul, menentukan prioritas bisa kita lakukan dengan mengetahui tenggat waktu dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena terkadang pekerjaan utama harus kita tunda terlebih dulu dengan alasan ada pekerjaan lain yang mempunyai tenggat waktu yang lebih utama.

Penentuan prioritas berdasarkan tenggat waktu bersifat insidental. Hanya sebagai catatan dalam menentukan prioritas. Seperti adanya tugas dari atasan terkait data yang dibutuhkan.

Rencana Kerja Sebagai Karyawan

Dalam hal ini saya tidak memberikan gambaran detail masalah, tapi mencoba untuk memberi gambaran secara umum.

Baca Juga :   Mengatasi Stres Kerja Karena Volume Pekerjaan Naik

Pertimbangan pertama, perusahaan tempat bekerja melakukan percobaan aplikasi pengelolaan database yang sudah dikembangkan di akhir tahun 2021 ini. Dan dapat kami pastikan akan berlangsung di tahun 2022.

Pengelolaan database ini punya keutamaan kecepatan proses pengelolaan. Sebagai salah satu user admin, kami harus siap bekerja secara efisien sekaligus efektif.

Apalagi cabang tempat saya bekerja sudah membagi lebih banyak leader dalam hal dakwah, konsultasi maupun pemasaran. Akhir November 2021 saya mempunyai pelajaran berharga dan cambukan kuat oleh Atasan. Pelajaran itu muncul ketika member tumbuh lima kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya, membuat cukup kewalahan dalam membuat id mereka.

Strategi yang saya buat adalah lebih memperkuat komunikasi dengan Atasan serta rekan setelah pekerjaan saya. Jadi secara teknisnya, pekerjaan akan kami jalankan secara beriringan dalam penyelesaian, agar mengurangi resiko jika data yang kami peroleh datang secara besar-besaran.

Rencana Kerja Sebagai Blogger

Bondan blog mulai aktif menerbitkan tulisan sejak bulan Juli 2021. Bila dilihat dari arsip, pada setiap pekan mampu menulis satu sampai dua artikel.

Ada beberapa hambatan yang saya alami ketika menulis blog. Hambatan pertama terlihat seperti pada bulan Oktober, saya mengalami penurunan dalam menerbitkan tulisan karena sakit. Kondisi tubuh baik secara fisik atau pikir sangat mempengaruhi semua aktivitas, termasuk menulis yang membutuhkan kesegaran pikiran.

Hambatan kedua, pikiran negatif atas artikel yang akan saya buat. Menyadari dan memahami bahwa semua tema yang akan saya tulis, sudah ada di dalam mesin pencarian, sehingga muncul ketidak percayaan diri. Padahal, saya hanya harus mengeluarkan frasa yang berbeda atau sudut pandang yang lain dari sebuah tema.

Ketiga adalah waktu menulis yang kurang terencana. Saya sedikit kesulitan membuat tulisan pada malam-malam hari efektif. Seharusnya Sabtu dan Minggu menjadi hari untuk keluarga.

Keempat, ketika kondisi tidak dapat menuliskan apapun. Saya rasa, apa yang menjadi hambatan ini dialami oleh setiap blogger.

Pertimbangan selanjutnya adalah terkait kelemahan dalam menulis. Tulisan yang saya sampaikan dalam bondan blog cenderung deskriptif. Kaku dalam membahas suatu teori yang saya coba sandingkan dengan kegiatan sehari-hari. Kurang dalam menyediakan referensi dan mempresentasikannya.

Bagi para blogger kekuatan satu-satunya adalah keseharian mereka. Keseharian mereka dapat dibuat sebagai bahan dalam tulisan. banyak artikel yang saya tulis dalam Bondan Blog hanya terkait cerita keseharian. Tapi kondisi ini akan berhadapan dengan kualitas konten.

Untuk memudahkan dalam membuat suatu artikel, harus membuat rancangan tulisan yang akan diterbitkan setiap minggunya.

Tanggal Kategori Judul
08 Januari 2022 Manajemen
09 Januari 2022 Parenting
15 Januari 2022 Catatan Harian
16 Januari 2022 Manajemen
22 Januari 2022 Parenting
23 Januari 2022 Catatan Harian
29 Januari 2022 Akuntansi
30 Januari 2022 Tips
05 Februari 2022 Manajemen
06 Februari 2022 Parenting
12 Februari 2022 Catatan Harian
13 Februari 2022 Manajemen
19 Februari 2022 Parenting
20 Februari 2022 Catatan Harian
26 Februari 2022 Akuntansi
27 Februari 2022 Tips
12 Maret 2022 Manajemen
13 Maret 2022 Review Drama Korea
19 Maret 2022 Parenting
20 Maret 2022 Catatan Harian
26 Maret 2022 Manajemen
27 Maret 2022 Catatan Harian

Data tabel di atas, saya buat berjalan karena harus memikirkan judul atau tema yang pas. Mungkin kelemahannya adalah pembahasan yang tidak tren pada waktu tulisan terbit.

Penutup

Harapan untuk menjadi lebih baik harus selalu ada, dan niat memperbaiki yang kurang baik membutuhkan keterbukaan dan kebesaran hati. Karena harapan itu semata-mata adalah untuk Tuhan dan agar bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Satu pemikiran pada “Rencana Kerja Tahun 2022”

Tinggalkan komentar