Komunikasi merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Melalui komunikasi, kita dapat terhubung dengan orang lain, menyatakan sikap tindakan, menyampaikan pendapat, ide, perasaan, dan informasi kepada orang lain. Maka dari itu, salah satu fungsinya adalah komunikasi sebagai alat untuk mempengaruhi orang lain.
Dalam dunia bisnis, komunikasi juga sangat penting. Melalui komunikasi yang efektif, kita dapat menyampaikan pesan-pesan penting kepada rekan kerja, pelanggan, atau pihak lain yang terkait dengan perusahaan atau bisnis kita.
Daftar Isi
Pemahaman Komunikasi sebagai Alat Untuk Mempengaruhi
Ada cerita menarik dari seorang blogger namanya Kak Vicky Laurentina. Kak Vicky bercerita dalam story instagramnya terkait keikutsertaannya dalam seminar.
Kak Vicky melihat keunikan sikap Pembicara dalam seminar tersebut. Pembicara datang jauh sebelum seminar dimulai. Pembicara sibuk mengatur posisi laptop presentasi, mengatur peralatan, mengatur background, dll.
Selesai mengatur semuanya, Pembicara menghampiri setiap peserta satu-persatu. Memperkenalkan dirinya dan mengucapkan terimakasih.
Sikap ini membuat terperangah Kak Vicky, jangankan dia, saya sebagai komunikan tingkat sekian saja bilang “Waw.”
Sikap Pembicara menyampaikan suatu ide yang perlu kita contoh. Bukan hanya menyampaikan salam, bukan hanya berkenalan, kita bisa belajar kesopanan dan bagaimana bertindak sebagai tuan rumah.
Selanjutnya kita juga bisa belajar strategi mengetahui orang-orang yang kita hadapi, dan menentukan pola presentasi yang akan kita sampaikan. Sikap ini mempengaruhi Kak Vicky jika menjadi pembicara pada acara seminar.
Hal ini juga menyatakan jika pembicara berhasil dalam hal tujuan komunikasi sebagai alat untuk mempengaruhi orang lain. (Baca Memengaruhi-mengubah sikap pada Buku Komunikasi Antar Personal Hal 83)
Beberapa Cara Komunikasi sebagai Alat untuk Mempengaruhi

Dalam artikel saya sebelumnya (Komunikasi sebagai Alat Motivasi), saya menjabarkan perbedaan indikator keberhasilan antara komunikasi sebagai alat mempengaruhi dan motivasi.
Cara kerja dari komunikasi sebagai alat untuk mempengaruhi adalah secara tidak langsung, yang artinya tergantung dari hak komunikan dan point apa yang bisa mereka ambil.
Walaupun kita mempunyai persuasi yang jelas. Komunikan mempunyai kebebasan dalam mengambil ide itu. Akan tetapi tidak menjadi masalah karena titik tekan pesan kita akan sampai juga. ( Baca Reciprocity pada Buku Komunikasi Antar Personal Hal 84)
Selanjutnya ada beberapa cara dasar dalam berkomunikasi agar dapat mempengaruhi orang lain;
- Menyampaikan pesan dengan cara yang menarik.
Proses penyampaian ide baik itu bentuk strategi, sikap, peralatan, dapat mempengaruhi komunikan. Setidaknya apa yang kita lakukan menjadi daya tarik bagi komunikan. - Menyampaikan informasi secara jelas dan terorganisir.
Penyampaian pesan secara teratur, rapi dan terstruktur dapat meningkatkan pemahaman. Bahkan pengulangan yang terorganisasi tidak rapi dapat mempengaruhi seseorang.
Saya mempunyai anak yang jika meminta sesuatu kepada Bundanya, dia melakukan banyak pengulangan. Permintaan itu terus dia dengungakan di beberapa waktu berselang, sehingga bundanya menjadi luluh dan akhirnya memberi yang dia mau. - Menggunakan Bahasa yang sesuai dengan audien.
Penting untuk menggunakan bahasa yang sesuai dengan audiens kita. Misalnya, jika kita akan berbicara kepada sekelompok profesional, maka kita seharusnya menggunakan bahasa yang lebih formal dan teknis.
Namun, jika kita akan berbicara kepada sekelompok orang yang tidak terlalu familiar dengan istilah-istilah teknis, maka kita menggunakan bahasa yang lebih mudah mereka pahami. - Pesan sesuai dengan kebutuhan komunikan
Apa yang kita sampaikan sesuai dengan kebutuhan komunikan. Cara untuk mengetahui kebutuhan mereka adalah dengan mengetahui umpan balik dari komunikan.
Begitulah ulasan saya terkait Komunikasi sebagai alat untuk mempengaruhi. Selanjutnya, yang menentukan adalah pribadi kita sebagai komunikator dan kepercayaan komunikan kepada kita dengan tidak mengingkari Tuhan sebagai penggerak hati setiap insan.
Referensi
- Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antarpersonal. Jakarta. Kencana
- Vicky Laurentina. Desember 2022 . GW DIAJARIN INIJIE. Instagram. Waktu akses 24 Desember 2022



Terimakasih om
Sama-sama n_n