Komunikasi Verbal dan Non Verbal

komunikasi verbal dan non verbal

Komunikasi Verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata atau bahasa. Sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi tanpa menggunakan kata-kata. (Baca Gramedia Blog)

Pengantar Komunikasi Verbal dan Non Verbal

Komunikasi merupakan elemen penting dalam keberhasilan seseorang di tempat kerja. Tidak hanya dapat membantu dalam menyampaikan ide dan membuat keputusan, komunikasi juga dapat membantu dalam membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan.

Dalam komunikasi di tempat kerja, kita tidak hanya menggunakan kata-kata atau bahasa verbal, tapi juga menggunakan gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh yang disebut sebagai komunikasi nonverbal.

Pentingnya Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal merupakan cara yang paling umum yang kita gunakan untuk berinteraksi di tempat kerja.

Hal Ini dapat kita lakukan secara lisan atau tertulis melalui email, laporan, atau presentasi.

Tentunya dalam melakukan komunikasi verbal di tempat kerja akan terbungkus dengan nilai-nilai yang mereka anut.

Secara Umum nilai-nilai dari komunikasi verbal adalah;
Yang pertama adalah kejujuran. Artinya adalah menyampaikan informasi yang benar dan tidak merugikan orang lain.

Yang kedua keterbukaan. Yaitu menyampaikan informasi secara terbuka dan tidak menyembunyikannya.

Yang ketiga adalah Respek. Antara lain menghargai orang lain dan tidak menggunakan kata-kata yang tidak sopan atau tidak menghargai orang lain.

Yang keempat adalah empati. Yaitu Mencoba untuk memahami bagaimana orang lain merasa dan memperlakukan mereka dengan cara yang sesuai.

Yang kelima adalah konsistensi. Artinya menjaga konsesuaian dalam komunikasi kita, termasuk tidak memberikan sinyal yang bertentangan atau tidak jelas.

Yang keenam adalah efektif. Yaitu menyampaikan pesan dengan jelas dan tepat waktu, sehingga orang lain dapat memahaminya dengan mudah.

Baca Juga :   Rencana Kerja Tahun 2022

Maka dengan menggunakan komunikasi verbal yang jelas dan terperinci, kita dapat menyampaikan ide dan keputusan dengan efektif, serta membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dan atasan.

Komunikasi Non Verbal

Komunikasi nonverbal juga penting dalam komunikasi di tempat kerja. Gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh dapat memberikan informasi tambahan dan memperkuat atau menyelaraskan pesan verbal yang disampaikan.

Misalnya, jika seseorang berkata “Saya setuju dengan pendapatmu” dengan suara yang tegas dan tatapan mata yang kuat, maka kita dapat yakin bahwa mereka benar-benar setuju dengan pendapat tersebut.

Selanjutnya nilai-nilai dari komunikasi non verbal sangat terkait dengan komunikasi verbal.

Dalam hal ini Nilai-nilai komunikasi verbal berkaitan dengan kata-kata yang kita ucapkan, sementara nilai-nilai komunikasi nonverbal berkaitan dengan cara kita menyampaikan pesan melalui elemen seperti gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata.

Misalnya, seseorang yang jujur ​​dalam komunikasi verbalnya kemungkinan akan menunjukkan sikap terbuka dan jujur ​​juga dalam komunikasi nonverbalnya, seperti dengan membuat kontak mata yang nyata dan tidak menghindari pertanyaan.

Baca Juga: Komunikasi Kerja

Kesimpulan

Komunikasi verbal dan nonverbal merupakan cara seseorang menyampaikan pesan dan memperkuat komunikasi dengan orang lain.

Keduanya memiliki nilai-nilai yang sama pentingnya, seperti kejujuran, keterbukaan, empati, respek, dan efektivitas dalam menyampaikan pesan.

Namun, komunikasi verbal dan nonverbal memiliki perbedaan dalam bagaimana pesan disampaikan, dengan komunikasi verbal menggunakan kata-kata dan komunikasi nonverbal menggunakan elemen seperti gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata.

Keduanya saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain, sehingga penting untuk memahami kedua jenis komunikasi ini agar dapat berkomunikasi dengan efektif.

Tinggalkan komentar