Mengelola Stress di Tempat Kerja

Mengelola Stress di Tempat Kerja

Stress di tempat kerja mempengaruhi individu karyawan. Baik itu kinerjanya, produktivitasnya maupun kesehatannya. Maka perlu bagi karyawan untuk mengelola stress di tempat kerjanya.

Mengenali Penyebab Stress

Tentunya kondisi stress bukanlah kondisi yang nyaman. Maka sebelum kita mengatasi kondisi ini, kita harus mengenali penyebab stress.

Ada banyak penyebab stress dalam lingkungan kerja, karena tergantung juga pada individu karyawan dan tempat kerja karyawan tersebut. Akan tetapi secara umum faktor-faktor penyebab stress sebagai berikut;

1. Faktor Pekerjaan Karyawan
Terkadang volume pekerjaan bertambah secara tiba-tiba. menjadikan di luar kendali karyawan.

Bukan hanya volume pekerjaan, tapi juga beban pekerjaan yang berat. Yaitu terkait dengan deadline yang menghimpit.

2. Faktor Lingkungan Kerja
Hal ini terkait dengan pemindahan kantor, perubahan atasan, atau restrukturisasi dapat menyebabkan stress.

Dari hal-hal di atas maka sebagai individu karyawan akan merasa kurangnya dukungan rekan kerja di tempat kerja. Sumber Halodoc

3. Faktor Di Luar Lingkungan Kerja
Stress di tempat kerja juga terpengaruh oleh kehidupan karyawan di luar lingkungan kerja. Seperti kondisi keluarga yang tidak kondusif, Perjalanan macet waktu berangkat kerja, dan lain-lain.

4. Faktor Karyawan itu sendiri
Yang terakhir ini adalah faktor karyawan itu sendiri. Baik itu masalah dengan kemampuan dari karyawan maupun masalah kesehatan dan psikologis.

Bagaimana Mengelola Stress di Tempat Kerja

Setelah memahami faktor-faktor penyebab stress ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengelolanya.

Baca Juga :   Mengubah Data Menjadi Informasi (Review Buku The Manager)

Langkah pertama dalam mengelola stress adalah menentukan sumber stress. Hal ini dapat kita lakukan dengan mencatat aktivitas dan situasi yang menyebabkan stress.

Setelah menentukan sumber stress, selanjutnya adalah mencari solusi untuk mengatasinya. Solusi dapat berupa perubahan dalam aktivitas atau situasi yang menyebabkan stress, atau mencari cara untuk mengatasi respons emosional terhadap stress.

Salah satu cara untuk mengatasi stress adalah dengan melakukan praktik relaksasi seperti beribadah, peregangan, atau latihan pernafasan.

Berolahraga juga dapat membantu mengatasi stress karena dapat meningkatkan produksi endorfin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan mood dan mengurangi rasa sakit.

Menjadikan istirahat yang cukup dan berkualitas dapat membantu mengurangi stress dan meningkatkan konsentrasi.

Terkadang berbicara dengan seseorang yang dapat kita percayai dapat membantu mengurangi beban emosional yang mungkin diakibatkan oleh stress. Dan terlebih adalah mengkomunikasikan tugas-tugas kita kepada rekan atau atasan agar beban bisa berkurang.

Selanjutnya prioritaskan tugas yang harus kita lakukan dan fokus pada satu tugas setiap saat. Atau kita bisa menggunakan manajemen waktu. Ada konsep ABCDE dalam mengatur waktu ini untuk mengerjakan tugas.

Baca juga : Mengatasi Stres Kerja Karena Volume Pekerjaan Naik

Penutup

Stress di tempat kerja merupakan hal yang biasa dialami oleh banyak orang. Namun, dengan mengetahui sumber stress dan mengaplikasikan teknik yang tepat, stress dapat kita kelola dan tangani dengan baik.

2 pemikiran pada “Mengelola Stress di Tempat Kerja”

  1. Wahh, sangat bermanfaat Mas

    Kalau aku skrg salah satu solusinya biar nggak stress ya, semua serba sewajarnya aja

    Misal ada masalah, ya dipikirin sewajarnya. Abis itu udah deh ceria lagi
    Atau ada kerjaan numpuk, ya dikerjain sewajarnya

    Kalo nanti dimarahin ya urusan nanti
    WKKWKWKKWKW

    Balas

Tinggalkan komentar