Turnamen Baduk Pertandingan Ketiga

Turnamen baduk Pertandingan Ke Tiga
Turnamen baduk Pertandingan Ke Tiga

Turnamen Baduk pertandingan ketiga ini saya melawan howie. Berhubung dia ada di Kanada maka waktu kami bertanding sesuai jadwal di hari Minggu jam 19.

Peraturan pertandingan seperti sebelumnya, Baca juga Turnamen Baduk Pertandingan Kedua. papan yang kami gunakan 19×19, pemilihan batu hitam dan putih secara random, batu putih mendapat komi 6,5 poin, dengan limit waktu 10 min 3×30 second. Saya terpilih menggunakan batu putih.

Kebetulan setiap hari minggu jam 19 saya melakukan perjalanan ke kota Surabaya. Pertandingan sempat terlambat karena menunggu keberadaan saya.

Bagaimana lagi waktu itu di Kota Malang memang sedang turun hujan dan saya harus pergi ke stasiun untuk mengejar kereta. Jadi pertandingan berlangsung jam 20.

Sempat pusing juga karena melihat gawai terus menerus saat naik kereta, tapi tidak sepusing jika naik bus.

Oh iya sebelumnya tonton juga ya chanel 19×19 Tv , karena banyak menjelaskan tentang dunia baduk dalam bahasa Indonesia.

Kondisi Turnamen Baduk Pertandingan Ketiga

Kondisi Pertandingan Pembuka
Kondisi Pertandingan Pembuka

Pertandingan cukup lancar, di sesi pembukaan aku sempat menang banyak, yaitu memimpin jauh sampai langkah 76. Tapi langkah selanjutnya saya kurang tepat dalam merespon. Harusnya masih pada memperlebar wilayah bukan menerobos masuk melalui dinding daerah lawan.

Dengan menyerang daerah Howie, secara tidak langsung dia membuat dinding tebal di tengah. Sebenarnya ada kesempatan untuk menerobos, tapi saya begitu saja larut dengan permainan.

Baca Juga :   Makan Bersama Keluarga di Kedaishi Ramen
dinding Howie
dinding Howie

Saya lupa Howie bukan orang Indonesia yang baru main Baduk. Dia berada pada rangking 10K. yang sudah mengenal bentuk, dan dia berada jauh di atas saya

Seharusnya saya tidak menembus dinding, tapi harus masuk kebagian luar dinding. Sehingga jika saya masuk melalui luar dinding Howie saya bisa mempersempit wilayahnya, dan mencegah pengurangan wilayahku secara drastis.

Tapi jika dalam pertandingan sebagai pemula saya tidak berpikir banyak. Karena waktu pun terbatas, sehingga terjadi banyak kesalahan respon.

Terlebih ada dua kesalahan yang harus saya ingat. Yaitu pada langkah ke 100, sebaiknya saya tidak mengambil batu lawan. Yang perlu saya lakukan adalah membuat kuda-kuda untuk lari menuju konektivitas batu atas. Kesalahan ini membuat batu saya ditekuk.

Langkah ke 100
Langkah ke 100

Kesalahan kedua ada pada langkah ke 112, sepertinya saya hanya buang-buang langkah. Selanjutnya langkan 152 menjadikan saya di tekuk dua kali dengan tekukan yang sangat kuat. Sebenarnya pada langkah ke 140 saya masih bisa memperkuat wilayah kanan. sehingga tidak ada yang terpotong. Ini yang juga menjadi kelemahan saya, tidak tahu kapa waktunya tenuki.

Penutup

Selanjutnya di bawah ini adalah keseluruhan pertandingan kami, yang keputusan akhirnya saya menyerah, bisa klik segitiga kekanan untuk menjalankannya, apabila ingin menampilkan koordinatnya, klik garis tiga bagian kanan atas, dan pilih tampilkan koordinat.

Tinggalkan komentar