Menjaga Minat Belajar Seumur Hidup

Ada banyak jalan seseorang itu berkembang, salah satu yang harus kita jalani adalah menjaga minat belajar seumur hidup.

Hal ini selaras dengan pesan mulia yang saya ingat yaitu “tuntutlah ilmu dari buaian hingga liang lahat.

Belakangan ini saya jarang jalan-jalan di blog. Nulis juga mulai jarang dan mulai kurang konsisten tiap pekan. Padahal blog ini juga sarana bagi saya untuk belajar memenuhi pertanyaan di kepala.

Pentingnya Menjaga Minat Belajar

menjaga minat belajar

Dua minggu ini perusahaan tempat saya bekerja menerapkan bahasa arab di hari jumat. Tentunya tidak semua karyawan bisa berbahasa arab termasuk saya.

Maka perusahaan juga membuat pelatihan bahasa arab dan bekerja sama dengan Syaamil Arabic. Kami semua belajar dari awal, pembelajaran yang sangat menyenangkan, karena antusias kami dalam belajar.

Itulah salah satu pentingnya menjaga minat belajar dengan memahami bahwa kita membutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan menjawab perubahan yang baik.

Selanjutnya kita harus menyadari bahwa pengetahuan dan keterampilan yang baru ini akan membuat kehidupan kita lebih bermakna. Karena pandangan kita akan sesuatu akan lebih luas dan menjadikan kita menghargai keindahan dan kompleksitas kehidupan.

Beberapa Caranya

Ada beberapa cara untuk menjaga minat belajar kita. Salah satunya adalah kita harus terbuka terhadap perubahan yang baik. Kita harus fleksibel untuk mempelajari hal-hal yang baru.

Baca Juga :   Memahami Perilaku Konsumen Untuk Meningkatkan Penjualan

Untuk memaksimalkan minat itu kita juga harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ini yang menjadi motivasi kita untuk tetap semangat mempelajari sesuatu.

Selanjutnya apa yang kita pelajari mempunyai tujuan yang jelas. Hal ini akan memberikan kepada kita arah pembelajaran dan motivasi tersendiri.

Tentunya untuk memberikan kita kekuatan lebih adalah merapat pada kelompok yang memiliki tujuan belajar yang sama. Kekuatan itu bentuknya bisa kita mendapat ilmu baru dari komunitas hasil diskusi, kita juga dapat menyalurkan pengetahuan kita terhadap komunitas.

Dengan menyalurkan pengetahuan yang kita dapat, kita sudah mendapat satu langkah dari mempraktekan ilmu yang kita miliki.

Baca Juga Menumbuhkan Kesadaran untuk Mengembangkan Diri

Kesimpulan

Kebutuhan kita adalah bertumbuh, beradaptasi dengan perubahan, mencapai potensi penuh diri kita. Menjaga minat belajar seumur hidup adalah keniscayaan. Selanjutnya yang harus kita sadari adalah menikmati proses belajar itu.

4 pemikiran pada “Menjaga Minat Belajar Seumur Hidup”

Tinggalkan komentar