Daftar Isi
Pengantar
Tips dan trik perencanaan kerja yang efisien dapat membantu kita mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efektif.
Dalam dunia kerja yang serba cepat, sangat penting untuk dapat merencanakan dan mengelola waktu kita dengan baik.
Namun, bagaimana cara agar perencanaan kerja kita benar-benar efisien?
Bulan depan kemungkinan ada penambahan daftar pekerjaan. Karena salah satu sahabat (rekan kerja) kami sudah tidak lagi bekerja bersama kami lagi.
Tentunya saya membutuhkan tips dan trik yang akan membantu saya dalam menyelesaikan pekerjaan. yaitu dengan merencanakan kerja dengan lebih efisien.
Tips dan Trik Perencanaan Kerja Efisien
Setidaknya cara sederhana akan membantu memangkas waktu kerja, dan saya dapat mengantisipasi penambahan daftar pekerjaan yang baru itu.
Beberapa tips dan trik saya sadur dari web Alchemy. Apakah tips dan trik tersebut?
1. Membuat daftar tugas
Pertama saya harus membuat daftar tugas baik itu dari skala berat sampai yang terringan. Selanjutnya saya juga memerlukan kebutuhan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan itu.
2. Memahami prioritas tugas
Setelah itu saya perlu memahami prioritas tugas di setiap harinya. Jika tidak seperti itu pekerjaan akan tumpang tindih dan memakan waktu yang lama. Atau akan muncul tingkat stress karena bingung mana duluan yang akan saya kerjakan.
Selanjutnya saya tidak boleh lupa dengan target waktu yang sudah saya catat di awal.
3. Mengukur progres Kerja
Yang ketiga saya harus mengukur progres dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa saya tetap dalam jalur yang benar.
4. Membatasi interupsi
Jumlah interupsi akan menyita fokus selama bekerja. Interupsi itu berupa pesan whatsapp atau pesan telegram.
Terlalu ekstrim jika harus mematikan pemberitahuan dari aplikasi seluler. Karena yang dalam aplikasi seluler juga termasuk pekerjaan.
Yang harus saya sisihkan sementara adalah pesan-pesan prioritas lanjutan.
5. Berani meminta bantuan
Ada Kalanya pekerjaanku terasa terlalu banyak. Seperti datang pada waktu yang tidak tepat dan semestinya. Dalam hal ini aku harus berbagi. wkwkwk. Padahal jarang sekali berbagi makan siang bersama.
6. Membuat Catatan dan Evaluasi
Terakhir adalah membuat catatan buat report dan buat bahan evaluasi.
Evaluasi pun ada waktu tersendiri ya. Biasanya pada akhir Bulan. Untuk waktu mendatang saya rencanakan tiap akhir pekan. Agar pada akhir bulan tidak terlalu stress.
Hambatan dari Tips dan Trik Perencanaan Kerja
Ada beberapa hambatan yang mungkin saya hadapi dalam perencanaan kerja.
Yang pertama adalah banyak tugas yang tidak terduga. Jika saya terlalu banyak tugas dalam waktu yang sama, mungkin sulit bagi saya untuk menentukan mana tugas yang paling penting.
Untuk mengatasi masalah ini, peluang saya ada pada komunikasi dan permintaan batas waktu pengerjaan.
Yang kedua adalah Interupsi yang sering. Interupsi yang sering dari ponsel, email, atau orang lain dapat mengganggu fokus saya.
Yang ketiga adalah kurangnya fleksibilitas. Hal ini memang umum dalam perencanaan. Jika kita terlalu kaku dalam rencana, maka kita mungkin kesulitan dalam mengatasi perubahan yang tiba-tiba dalam situasi kerja.
Yang keempat kurangnya kemampuan mengelola stress. Perencanaan kerja yang baik harus kita iringi dengan kemampuan mengelola stress. Jika tidak maka akan sulit untuk menjaga konsentrasi dan fokus dalam menyelesaikan tugas.
Beberapa Hal inilah yang kemungkinan akan menghambat tips dan trik perencanaan kerja yang efisien, namun selalu ada solusi untuk mengatasi hambatan tersebut.
Penutup
Perencanaan kerja yang efisien dapat membantu kita mencapai tujuan dengan lebih cepat dan efektif.
Namun, kita harus selalu ingat untuk tetap fleksibel dan siap untuk mengadaptasi rencana kita sesuai dengan situasi yang berubah.
Semoga dengan tips dan trik ini, saya dapat mencapai proses kerja yang efektif dan efisien.
Baca Juga : Alasan Perlunya Perencanaan