Mengerjakan Hal Kecil

Beberapa orang merasa bingung dengan pekerjaan baru mereka. Dalam arti mereka harus mengawali dari mana. Jika hal ini benar-benar terjadi pada kita, maka pilihan terbaik adalah dengan mengerjakan hal kecil terlebih dulu.

Kebanyakan orang melupakan hal-hal kecil, padahal kita tidak tahu bahwa kemungkinan hal-hal kecil tersebut adalah tangga pertama yang harus kita lalui.

Seberapa Penting Mengerjakan Hal Kecil

Saya ingat dengan awal dari drama korea dengan judul Misaeng: Incomplete Live. Pegawai baru yang menata file dalam komputer yang berantakan.

Seefektif itu sehingga atasannya dalam mencari file menjadi mudah dan cepat. Saya sering merasakan kesusahan mencari file tugas yang terpendam. Apalagi jika judul dari file tersebut lupa, akan membutuhkan waktu panjang dan menjadikan pekerjaan yang lain sedikit banyak tertunda.

Saya juga mengingat Drama Numbers untuk membuktikan eksistensinya sebagai karyawan baru yang berpendidikan “rendah”. Dia mulai dengan bersih-bersih menata perlengkapan, menghancurkan dokumen yang tidak perlu, membantu fotocopy.

Seefektif itu sehingga para rekan kerja sering meminta bantuannya dalam hal menyiapkan dokumen untuk rapat. Mulai dari situ dia membuka diri, mengisi peluang dan menaiki tangga level selanjutnya.

Jadi seberapa penting mengerjakan hal kecil adalah usaha kita untuk mengisi ruang yang kosong. Mungkin bukan ruang yang kosong, tetapi urutan pekerjaan yang harus kita lalui.

Baca Juga :   Direct Selling : Pengertian, Strategi, dan Plus-Minusnya

Akibatnya

Kita tidak pernah menyangka jika dengan mengerjakan hal kecil kita dapat menjaga kebersihan di sekitar kita. Suatu saat ada cerita dari istri Ketika dia istirahat ujian perkuliahan dia makan di tempat makan.

Selesai makan kebanyakan orang membiarkan bungkusnya di meja dan tidak langsung membuangnya di tong sampah yang sudah tersedia. Hal ini membuat situasi yang kotor.

Bayangkan jika setiap orang yang selesai makan merapikan sampahnya di tong sampah yang telah tersedia. Mereka sudah membuat tempat itu menjadi tetap bersih.

Mungkin di benak kita hal kecil adalah sesuatu yang pantas untuk kita remehkan atau kita tiadakan. Padahal mungkin hal kecil itu bisa berakibat besar, saking besarnya mungkin kita akan menganggap tidak ada hal yang kecil.

Baca juga Mencairkan Suasana Pasca Berdebat

Kesimpulan

Dengan mengerjakan hal kecil membuat kita merasa siap, karena kita sudah berpijak pada tangga-tangga awal. Bahkan kita akan merasakan akibat yang sangat besar. Selanjutnya yang harus kita tahu adalah prioritas mana yang harus kita dahulukan.

mengerjakan hal kecil

Tinggalkan komentar