Excellent Service Kunci Sukses Bagi Perusahaan

Excellent Service
Excellent Service

Dalam dunia bisnis ada istilah excellent service yakni pemberian layanan maksimal pada bisnis produksi maupun jasa. Hal tersebut berkaitan dengan upaya menjaga hubungan baik atau kepercayaan konsumen agar tetap setiap pada produk atau jasa perusahaan.

Pada perusahaan-perusahaan ternama tentu memiliki standar tinggi terkait pemberian pelayanan ini.

Excellent Service : Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Excellent Service berasal dari kata excellent dan service, yang berarti pelayanan terbaik atau unggul. Dapat kita katakan istilah tersebut berarti pemberian layanan terbaik untuk pelanggan agar tidak mengecewakan serta membuat pelanggan puas. (baca : Supersonality )

Upaya menjaga kepercayaan pelanggan ini  selalu harus pribadi atau perusahaan lakukan baik yang memproduksi barang maupun jasa.

Dalam mencapai pelayanan prima perlu memperhatikan beberapa elemen, yaitu berupa keamanan, kenyamanan, kualitas, kuantitas dan proses untuk mencapai kepuasan konsumen.

Elemen tersebut menjadi tujuan untuk mencapai kepuasan konsumen, yang kemudian terwujudkan dalam pelayanan yang menjadi tujuan excellent service berikut:

  • Memberikan pelayanan berkualitas
  • Memberikan informasi lengkap
  • Menumbuhkan rasa percaya pelanggan
  • Meminimalisir keluhan, tuntutan dan pengaduan pelanggan
  • Menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas konsumen jangka panjang

Bukan tanpa alasan, pelayanan terbaik tersebut diberikan tak lain untuk kepentingan perusahaan sendiri. Memberikan pelayanan terbaik menjadi upaya perusahaan untuk dapat bersaing dan memenangkan hati konsumen. Kesetiaan konsumen dalam dunia bisnis artinya peluang untuk mengumpulkan profit lebih banyak.

Tidak dapat kita pungkiri dalam era teknologi yang semakin cepat, pelayanan terbaik untuk kepuasan konsumen harus kita jaga. Sebab kekecewaan satu konsumen saja dapat berpengaruh besar pada pelanggan lain.

Karena pelanggan biasanya berbagi pengalaman terhadap produk dan jasa yang mereka coba. Terlebih dengan mudah pelanggan dapat memberikan review online yang dapat diakses lebih banyak orang.

Baca juga Memahami Perilaku Konsumen Untuk Meningkatkan Penjualan

Excellent Service Membutuhkan Latihan

Dalam mewujudkan service excellent, setiap perusahaan memiliki standar pelayanan yang harus mereka penuhi. Namun untuk mencapai pelayanan prima tidaklah mudah butuh proses dan fasilitas yang mendukung.

Baca Juga :   Meja dan Kursi Berkualitas untuk Kenyamanan Bekerja

Perlu kerja sama dari setiap pihak terkait dalam perusahaan, mulai dari para petinggi hingga petugas layanan publik yang harus konsisten memberikan pelayanan prima setiap saat.

Untuk menciptakan pelayanan yang baik, membutuhkan pelatihan Excellent Service untuk meningkatkan pelayanan setiap karyawan. Hal ini agar karyawan memahami tugas dan standar pelayanan yang perusahaan telah tentukan.
Bahkan tidak berhenti di pelatihan, untuk mencapai target pelayanan terbaik perusahaan membutuhkan waktu untuk terus memperbaiki kekurangan.

Tugas memberikan pelayanan prima tidak serta merta perusahaan serahkan hanya pada karyawan di bidang pelayanan. Sebab untuk mewujudkannya membutuhkan kerja sama seluruh komponen perusahaan untuk saling mengingatkan dan terus memperbaiki diri.

Sebagai pedoman beberapa aspek berikut yang harus mereka terapkan untuk mencapai excellent service:

Excellent Service dengan Kepastian Hukum

Hal ini terkait dengan keamanan sebagai konsumen, pelanggan berhak mendapat kepastian hukum untuk merasa aman.

Keterbukaan, Kejujuran dan Kepercayaan.

Pelayanan yang baik harus terbuka, memberi informasi jelas sesuai kebutuhan pelanggan. Kedua pihak perlu saling jujur dan percaya yang seimbang baik dalam aturan, biaya dan penyelesaian.

Efisiensi dan Menepati Janji

Jangan biarkan pelanggan menunggu terlalu lama dalam mendapatkan pelayanan. Jika pelayanan membutuhkan waktu, misalkan dalam perbaikan haruslah memberikan waktu yang sesuai. Jangan sampai menunda-nunda sehingga mengecewakan pelanggan.

Keramahan dan Penampilan

Penampilan dan sikap yang ramah menjadi poin penting sebagai petugas pelayanan. Hal tersebut memberikan penilaian tersendiri bagi pelanggan.

Profesional dan Memiliki Keahlian yang Sesuai

Petugas layanan harus bekerja secara profesional dengan memberikan pelayanan yang baik, bersikap siap melayani dan mencari solusi yang dibutuhkan. Untuk itu petugas layanan haruslah memiliki keahlian tentang barang atau jasa yang ditawarkan.

Itulah tentang pelayanan prima yang penting bagi perusahaan. Untuk mencapainya karyawan memerlukan pelatihan dari materi Excellent Service sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan selama bertugas.

7 pemikiran pada “Excellent Service Kunci Sukses Bagi Perusahaan”

  1. Oo oke saya mulai paham. Ternyata penampilan juga termasuk bagian dari excellent service. Secara saya adalah orang yang abai terhadap penampilan.
    Terimakasih pak, salam.

    Balas
    • Suatu saat saya bertemu dengan teman saya, dia berpenampilan bersih dan harum segar. setidaknya saya bisa merasa nyaman jika ngobrol dengan nya.
      Ya seperti itu lah Pak.

      Balas
  2. Terkait “Excellent Service dengan Kepastian Hukum”, saya suka provider web hosting yang menaruh perhatian yang cukup untuk membuat Term of Service (TOS) yang rapi dan bisa dipahami. Meski saya belum tahu apakah TOS tersebut akan memiliki kekuatan hukum, tapi setidaknya ada informasi yang jelas mengenai hak dan kewajiban serta do and don’t-nya.

    Balas
  3. Excellent Service. Hmm… Di usaha kelas akar rumput, ada juga pelayanan sekaligus pemilik usaha (dagang), typenya pendiam, tak pernah senyum, kayak malsikat maut. tapi dagangannya laris, tarifnya malah lebih mahal dari yang lainnya. Brandnya, masakan dia enak dan bersih.

    Balas
    • Nenek saja sudah menilai kayak malaikat maut. coba ada saingan yang sama dengan pelayanan berbeda. Pasti pindah.
      Kuwalitas layanannya di konsentrasikan pada Produk Nek.

      Balas
  4. Saya pernah 13 tahun bekerja di bank asing, dan tiap hari kami selalu ditekankan utk memberikan service yang terbaik, sesuai standard dari perusahaan. Jika ada komplain ga boleh melebihi SLA, transaksi dengan nasabah ada TAT nya juga dll. Bahkan senyum dan warna lipstik ada standard yg dipakai. Ga bisa sembarang pakai lipstik merah, tapi ada warna yg memang dipilih management agar semua seragam.

    Aku sendiri kalo menempatkan diri sebagai konsumen, udah pasti ga tertarik Ama jasa pelayanan yg servicenya buruk. Kalo restoran, mau seenak apapun makanannya, tapi service dari staff mengecewakan, maaf aja, ga akan aku datangin lagi. Gitu juga hotel dan bank. Penting banget buat menjaga excellent service kepada semua customers kita

    Balas

Tinggalkan komentar